Kamis, 12 Juli 2018

Tahukan kamu bentuk buah dan sayuran yang kamu makan sehari-hari sebenarnya bukanlah hasil rekayasa? Sejatinya kamu gak mengenal darimana asal-usul buah dan sayuran tersebeut. Berhubung seiring pekembangan zaman, lahirlah domestifikasi tanaman. 
Domestifikasi tanaman adalah proses tanaman masa dahulu yang dibudidayakan, dipermak hasil perkawinan saling dari tanaman liar, maka jadilah seperti sekarang yang kita makan kesehariannya.
Beragam ilmuwan telah menjelaskan proses domestifikasi dari tanaman liar (tanaman yang sudah ada dari jaman dahulu) yang dibudidayakan manusia kemudian dilakukan persilangan (perkawinan antat spesies tanaman atau beda spesies) dan seleksi hasil keturunan. Yg mana proses tersebut menyebabkan perubahan susunan genetik. Proses ini sudah dilakukan manusia sejak beratus tahun yang lalu.
Bahkan beberapa spesies liar asal tanaman masih tersimpan apik di bank plasma (tempat penyimpanan plasma nutfah) contohnya bank plasma padi di filiphin. Sehingga khusunya bagi orang-orang yang gak mempelajari hal ini akan sedikit asing dengan spesies liat karena juga sudah sulit didapatkan. Karena tidak lagi dibudidayakan secara masal.
Memang, sepanjang sejarah, manusia telah didorong oleh gagasan untuk menciptakan versi yang lebih baik dari tanaman pangan untuk membuat mereka lebih besar, lebih lezat, atau lebih ‘wangi’.
Sebagaimana Berikut beberapa buah dan sayuran yang dulunya belum dijinakkan oleh manusia.
1. Semangka

2. Pisang

3. Terong

5. Jagung

4. Wortel

6. Apel

7. Kubis

8. Mentimun (Timun)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar