Kamis, 12 Juli 2018

Ibarat kata pepatah, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Begitulah sejatinya hidup, setiap tempat dan wilayah sudah pasti memiliki kebiasaan dan adat yang berbeda. Menariknya, kebiasaan yang dianggap biasa di suatu wilayah tak jarang dianggap aneh atau justru unik oleh orang lain.
Seperti yang dilansir dari linetoday.com, Indonesia merupakan negara yang tiada duanya. Dari kebiasaan, kebudayaan tradisional, hingga lifestyle masyarakatnya, Indonesia memiliki banyak sekali keunikan di mata dunia. Namun, dari sekian banyak keunikan ini, yang paling khas dan tentunya paling mencirikan Indonesia adalah yang apa yang dilakukan oleh orang Indonesia setiap hari ketika di rumah.

1. Melepas Alas Kaki Saat Bertamu


Menurut turis dari beberapa mancarnegara, melepas sepatu saat bertamu dianggap suatu hal yang aneh. Padahal, di Indonesia melepaskan sepatu atau sendal sebelum memasuki rumah menunjukkan hormat dan partisipasi mencegah supaya rumah yang dimasuki tidak menjadi kotor.

2. Makan dengan Tangan tanpa Sendok


Bagi turis dari belahan dunia bagian barat, makan menggunakan tangan bukanlah suatu kebiasaan. Wajar saja, kalau orang Indonesia yang selalu terlihat makan menggunakan tangan tanpa sendok dianggap kebiasaan yang unik.

3. Selalu Makan Nasi


Seakan menjadi budaya orang Indonesia, kalau belum makan nasi, dianggap belum makan berat, meskipun sudah makan makanan pokok yang cukup mengenyangkan seperti mie atau roti. Bahkan terkadang mie atau jenis roti tertentu, pizza misalnya, dijadikan lauk untuk dimakan berbarengan dengan nasi.

4. Mandi menggunakan gayung


Mandi menggunakan gayung sebenarnya merupakan cara mandi yang cukup efisien. Namun kebisaan tersebut justru dianggap kebiasaan yang unik oleh para turis mancanegara.

5. Menggunakan toilet jongkok untuk buang air besar


Meski dikenal menyehatkan, namun kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih memilih toilet jongkok daripada toilet duduk untuk buang air besar ini ternyata juga dianggap unik oleh turis mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar